PROGRAM
KERJA KEPALA SEKOLAH
2.1. PROGRAM KERJA HARIAN
WAKTU
|
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
07.00
– 13.00
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
|
Menanda tangani daftar hadir
Memantau ketidak hadiran guru
melalui pemeriksaan jadwal pelajaran.
Menanda tangani buku pantauan guru
piket atas kegiatan belajar kemarin.
Memantau kehadiran Tata Usaha dan
aktivitasnya.
Memantau kehadiran dan kegiatan
siswa
Mengkonsep surat keluar
Merespon dan menindak lanjuti
surat masuk
Menanda tangani jurnal mengajar
guru
Menghadiri rapat dinas
Menerima tamu tamu dinas
Mengawasi kelancaran KBM.
Memeriksa aktivitas Lab. IPA –
Komputer- Perpustakaan dan BK/BP
Berkoordinasi dengan wakasek -
kepala urusan-urusan dan tata usaha dalam menyelesaikan permasalahan yang
mungkin terjadi di sekolah.
Menyelesaikan kemungkinan terjadi
masalah –masalah disekolah.
Memeriksa kebersihan di lingkungan
sekolah
Mencari informasi lewat koran, TV,
radio yang ada hubungannya dengan pendidikan dan perkembangan situasi saat
ini.
Mengerjakan Administrasi
kepala sekolah dengan mengisi berbagai buku Administrasi harian.
|
2.2. PROGRAM KERJA MINGGUAN
Hari
|
No.
|
Uraian
Kegiatan
|
Senin
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Melaksanakan Upacara bendera
Melaksanakan pembinaan guru/ TU
secara umum.
Memeriksa dan menanda tangani buku
piket guru yang melaporkan tentang hari-hari dan jam-jam mengajar yang
ditinggalkan guru.
Melaksanakan supervisi KBM jika
ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian
|
Selasa
|
1.
2.
3.
|
Memeriksa Administrasi ektrakuler
dan urusan kesiswaan.
Melaksanakan supervisi KBM jika
ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian
|
Rabu
|
1.
2.
3.
|
Memeriksa aktivitas Lab. IPA –
Komputer- Perpustakaan dan BK/BP
Mel`ksanakan supervisi KBM jika
ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian
|
Kamis
|
1.
2.
3.
|
Memeriksa Administrasi urusan
humas dan kurikulum
Melaksanakan supervisi KBM jika
ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian
|
Jumat
|
1.
2.
3.
|
Memeriksa Administrasi
Inventarisasi sarpras
Melaksanakan supervisi KBM jika
ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian
|
Sabtu
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Memeriksa Administrasi keuangan
bendahara-bendahara
Evaluasi kinerja akhir pekan dalam
sepekan
Melaksanakan supervisi KBM jika
ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian
|
2.3. PROGRAM KERJA BULANAN
Tanggal
|
No.
|
Uraian Kegiatan
|
1
- 6
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Pembagian gaji PNS, GTT dan PTT
Pencairan dana BOS dari Bank Jatim
Merekomendasi pengajuan belanja
barang oleh Tim
Mengawasi pemenfaatan dana BOS
sesuai RAPBS.
Memeriksa SPJ gaji, GTT dan PTT.
Melaksanakan tugas harian dan
mingguan.
|
7
– 12
|
|
Mengirimkan SPJ gaji PNS.
Memberikan pembinaan Administrasi
sekolah
Menghadiri pertemuan MKKS.
Melaksanakan tugas harian dan
mingguan.
|
13
– 18
|
1.
2.
3.
|
Memberikan pembinaan kepada wali kelas
dan pembina ektrakurikuler.
Memberikan pembinaan khusus bagi
guru dan TU yang mengabaikan Tupoksi dan sering meninggalkan tugas
Melaksanakan tugas harian dan
mingguan.
|
19
– 26
|
1.
2.
3.
4.
|
Memeriksa kondisi sarana prasarana
yang memerlukan pemeliharaan
Meminta laporan guru-guru tentang
ketuntasan nilai ulangan harian yang telah dilaksanakan.
Memberikan pembinaan klinis
terhadap guru-guru dalam KBM.
Melaksanakan tugas harian dan
mingguan.
|
27
- 31
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Memeriksa keuangan bendahara-bendahara
sekolah
Membuat dan menandatangani laporan
bulanan.
Mengevaluasi pelaksanaan KBM dalam
1 bulan.
Menjumlah jam-jam dan hari-hari
yang ditinggalkan guru dalam 1 bulan.
Melaksanakan tugas harian dan
mingguan.
|
2.4. PROGRAM KERJA 4 TAHUNAN
No.
|
Program
|
Uraian
Kegiatan
|
2008/
2009
|
2009/
2010
|
2010/
2011
|
2011/
2012
|
I.A.
B.
|
SKL Akademik
Non Akademik
|
1.
Rata-rata pencapaian KKM semua mapel.
2.
Rata-rata pencapaian NUN semua mapel.
3.
Rata-rata pencapaian NUS semua mapel.
4.
Jumlah kelulusan
5.
Memperoleh kejuaraan lomba mapel.
1.
Memperoleh juara lomba olahraga
2.
Memperoleh juara lomba pencak silat
|
6,50
6,50
6,50
98%
Harapan
Kab.
Harapan
Kab.
1
Kab.
|
7,00
6,75
7,00
100%
3
Kab.
3
Kab.
3
Prop.
|
7,50
7,00
7,50
100%
2
Kab.
2
Kab.
2
Prop.
|
8,00
7,25
8,00
100%
1
Kab.
1
Kab.
1
Prop.
|
II
|
Standar isi (SI)
|
1.
Tersusunnya KTSP
2.
Tersusunnya Silabus semua mapel
3.
Tersusunnya RPP semua mapel pada kelas 7-8-9.
4.
Tersusunnya Silabus dan RPP muatan lokal (Bahasa Jawa)
|
100%
80%
80%
50%
|
100%
100%
100%
80%
|
100%
100%
100%
100%
|
100%
100%
100%
100%
|
III
|
Standar Proses (SP)
|
1.
Guru memiliki Silabus
2.
Guru memiliki RPP.
3.
Guru memiliki Bahan Ajar.
4.
Jumlah siswa setiap rombel
5.
Beban mengajar guru sekurang-kurangnya 24 dan maksimal 40
6.
Rasio jumlah buku dengan siswa
7.
Guru menerapkan CTL dalam pembelajaran.
8.
Guru menerapkan metode PAIKEM
9.
Penerapan belajar diluar kelas
10. Pengembangan instumen
penilaian hasil belajar.
11. Variasi model penilaian.
12. Pengolahan/ analisis
hasil penilaian
13. Pemanfaatan/ tindak
lanjut hasil penilaian
14. Kegiatan supervisi KBM.
15. Dokumen pelaporan hasil
evaluasi pembelajaran
|
80%
80%
80%
40siswa
80%
3:1
25%
50%
50%
70%
3
mode
1
jenis manual
1
manfaat
80%
70%
|
100%
100%
100%
40siswa
100%
1:1
50%
100%
75%
100%
4
model
1
jenis elektrik
2
manfaat
100%
100%
|
100%
100%
100%
40siswa
100%
1:1
75%
100%
100%
100%
5
model
1
jenis elektrik
3
manfaat
100%
100%
|
100%
100%
100%
37siswa
100%
1:1
100%
100%
100%
100%
5
model
1
jenis elektrik
3
manfaat
100%
100%
|
IV
|
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
|
1. Kepala
Sekolah mengikuti pelatihan TOEFL <400
2. Kepala
Sekolah mengikuti pelatihan TIK
3. Kepala
Sekolah mengikuti pelatihan kewirausahaan
4. Guru
mengikuti CTL
5. Guru
mengikuti pembelajaran tuntas.
6. Guru
mengikuti penilaian dan evaluasi pembelajaran
7. Guru
mengikuti pelatihan bahasa Inggris
8. Guru
mengikuti pelatihan TIK
9. Guru
mengikuti pelatihan KTSP
10.
Guru mengikuti penelitian pendidikan
11.
Guru mengikuti pelatihan metode pembelajaran PAIKEM
12.
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan rata-rata telah:
a. Pelatihan Bahasa
Inggris
b. Pelatihan TIK
c. Pelatihan Managemen
|
<400
1
kali
1
kali
50%
50%
50%
50%
50%
50%
50%
75%
50%
50%
50%
|
>400
2
kali
1
kali
75%
100%
100%
100%
75%
100%
100%
100%
75%
75%
75%
|
>400
3
kali
2
kali
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
>400
4
kali
2
kali
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
V.
|
STANDAR SARPRA
|
1.
Terpenuhinya Ruang Multimedia
2.
Terpenuhinya Ruang Kelas yang sehat dan memadai (Rehab 7 ruang)
3.
Terwujutnya pos satpam.
4.
Terpenuhinya meja dan kursi siswa diLab. IPA
5.
Terpenuhinya Komputer siswa dengan rasio 1:1
6.
Terpenuhinya TV dan VCD di masing-masing kelas.
7.
Terpenuhinya Alat-alat olah raga
8.
Terpenuhinya Komputer, Lap top dan LCD guru.
9.
Terpenuhinya Komputer TU 2 buah
10.
Terpenuhinya Komputer R. Perpustakaan 1 buah
11.
Terpenuhinya Komputer Lab. IPA 1 buah
12.
Terpenuhinya alat Lab. IPA
13.
Terpenuhinya jaringan Internet sekolah.
14.
Terpenuhinya CD pembelajaran.
15.
Terpenuhinya RKB.
16.
Terpenuhinya Tambahan Lahan Sekolah
|
50%
-
-
75%
50%
10%
100%
50%
-
-
-
-
50%
50%
9
lokal
-
|
100%
50%
100%
100%
75%
75%
100%
75%
100%
100%
100%
100%
75%
75%
12
lokal
50%
|
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
15
lokal
75%
|
100%
-
-
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
15
lokal
100%
|
VI.
|
Standar Pengelolaan.
|
1.
Memiliki Dokumen Tata Tertip siswa-guru-TU
2.
Memiliki Dokumen PSB.
3.
Memiliki Dokumen RPS (Rencana Pengembangan Sekolah)
4.
Memiliki Dokumen RAPBS.
5.
Memiliki Dokumen Kode etik guru
6.
Memiliki Dokumen Penugasan guru
7.
Memiliki Dokumen Pembinaan siswa
8.
Memiliki Dokumen Kesiswaan
9.
Memiliki Dokumen Pembagian Tugas mengajar dan tambahan guru/ TU.
10.
Memiliki Dokumen Hasil belajar siswa.
11.
Memiliki Dokumen SK. Kepala Sekolah
12.
Memiliki Dokumen Instrumen Sekolah
13.
Memiliki Dokumen Supervisi KBM.
14.
Memiliki Dokumen Klinis guru
15.
Memiliki Dokumen Supervisi Lab. IPA, Lab. Komputer, Perpustakaan
16.
Memiliki Dokumen supervisi Administrasi dan keuangan bendahara-bendahara
17.
Memiliki Dokumen susunan Pengurus Komite.
18.
Memiliki Dokumen program kerja Komite.
19.
Memiliki Dokumen kerja sama dengan kemitraan
|
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
VII.
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
1.
Sumber Dana
2.
Pengalokasian Dana
3.
Penggunaan Dana
4.
Pelaporan Penggunaan Dana
5.
Mendokumentasikan Pelaporan penggunaan Dana
|
2
buah
4
SNP
100%
100%
100%
|
3
buah
6
SNP
100%
100%
100%
|
4
buah
8
SNP
100%
100%
100%
|
4
buah
8
SNP
100%
100%
100%
|
VIII.
|
Standar Penilaian Pendidikan
|
1.
Frekwensi ulangan harian
2.
Terlaksananya ulangan tengah semester
3.
Terlaksananya ulangan akhir semester
4.
Target materi pembelajaran terpenuhi setiap semester
5.
Ada teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran.
6.
Ada instrumen penilaian yang dikembangkan guru
7.
Ada variasi instrumen yang dikembangkan disekolah untuk ulangan akhir
semester, kenaikan kelas.
|
50%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
75%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
|
IX.
|
Pengembangan Budaya dan lingkingan
Sekolah
|
|
75%
50%
50%
1
kali
|
100%
75%
75%
2
kal
|
100%
100%
100%
3
kali
|
100%
100%
100%
3
kali
|
No comments:
Post a Comment