KAD
KAD

Tuesday, May 22, 2012

Contoh Program Kepala sekolah



PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH

2.1. PROGRAM KERJA HARIAN
WAKTU
NO
URAIAN KEGIATAN
07.00 – 13.00
1.
2.

3.

4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.

13.


14.

15.
16.

Menanda tangani daftar hadir
Memantau ketidak hadiran guru melalui pemeriksaan jadwal pelajaran.
Menanda tangani buku pantauan guru piket atas kegiatan belajar kemarin.
Memantau kehadiran Tata Usaha dan aktivitasnya.
Memantau kehadiran dan kegiatan siswa
Mengkonsep surat keluar
Merespon dan menindak lanjuti surat masuk
Menanda tangani jurnal mengajar guru
Menghadiri rapat dinas
Menerima tamu tamu dinas
Mengawasi kelancaran KBM.
Memeriksa aktivitas Lab. IPA – Komputer- Perpustakaan dan BK/BP
Berkoordinasi dengan wakasek - kepala urusan-urusan dan tata usaha dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin terjadi di sekolah.
Menyelesaikan kemungkinan terjadi masalah –masalah disekolah.
Memeriksa kebersihan di lingkungan sekolah
Mencari informasi lewat koran, TV, radio yang ada hubungannya dengan pendidikan dan perkembangan situasi saat ini.
Mengerjakan  Administrasi kepala sekolah dengan mengisi berbagai buku Administrasi harian.


2.2. PROGRAM KERJA MINGGUAN
Hari
No.
Uraian Kegiatan
Senin
1.
2.
3.


4.
5.
Melaksanakan Upacara bendera
Melaksanakan pembinaan guru/ TU secara umum.
Memeriksa dan menanda tangani buku piket guru yang melaporkan tentang hari-hari dan jam-jam mengajar yang ditinggalkan guru.
Melaksanakan supervisi KBM jika ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian

Selasa
1.

2.
3.
Memeriksa Administrasi ektrakuler dan urusan kesiswaan.
Melaksanakan supervisi KBM jika ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian

Rabu

1.

2.
3.
Memeriksa aktivitas Lab. IPA – Komputer- Perpustakaan dan BK/BP
Mel`ksanakan supervisi KBM jika ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian

Kamis
1.
2.
3.
Memeriksa Administrasi urusan humas dan kurikulum
Melaksanakan supervisi KBM jika ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian

Jumat
1.
2.
3.
Memeriksa Administrasi Inventarisasi sarpras
Melaksanakan supervisi KBM jika ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian

Sabtu
1.
2.
3.
4.
5.
Memeriksa Administrasi keuangan bendahara-bendahara
Evaluasi kinerja akhir pekan dalam sepekan
Melaksanakan supervisi KBM jika ada jadwal
Melaksanakan program kerja harian

2.3. PROGRAM KERJA BULANAN
Tanggal
No.
Uraian Kegiatan
1 - 6
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Pembagian gaji PNS, GTT dan PTT
Pencairan dana BOS dari Bank Jatim
Merekomendasi pengajuan belanja barang oleh Tim
Mengawasi pemenfaatan dana BOS sesuai RAPBS.
Memeriksa SPJ gaji, GTT dan PTT.
Melaksanakan tugas harian dan mingguan.
7 – 12

Mengirimkan SPJ gaji PNS.
Memberikan pembinaan Administrasi sekolah
Menghadiri pertemuan MKKS.
Melaksanakan tugas harian dan mingguan.
13 – 18
1.

2.

3.
Memberikan pembinaan kepada wali kelas dan pembina ektrakurikuler.
Memberikan pembinaan khusus bagi guru dan TU yang mengabaikan Tupoksi dan sering meninggalkan tugas
Melaksanakan tugas harian dan mingguan.
19 – 26
1.

2.

3.
 4.
Memeriksa kondisi sarana prasarana yang memerlukan pemeliharaan
Meminta laporan guru-guru tentang ketuntasan nilai ulangan harian yang telah dilaksanakan.
Memberikan pembinaan klinis terhadap guru-guru dalam KBM.
Melaksanakan tugas harian dan mingguan.
27 - 31
1.
2.
3.
4.

5.
Memeriksa keuangan bendahara-bendahara sekolah
Membuat dan menandatangani laporan bulanan.
Mengevaluasi pelaksanaan KBM dalam 1 bulan.
Menjumlah jam-jam dan hari-hari yang ditinggalkan guru dalam 1 bulan.
Melaksanakan tugas harian dan mingguan.




2.4. PROGRAM KERJA 4 TAHUNAN
No.
Program
Uraian Kegiatan
2008/ 2009
2009/ 2010
2010/ 2011
2011/ 2012
I.A.








B.
SKL Akademik








Non Akademik
1.      Rata-rata pencapaian KKM semua mapel.
2.      Rata-rata pencapaian NUN semua mapel.
3.      Rata-rata pencapaian NUS semua mapel.
4.      Jumlah kelulusan
5.      Memperoleh kejuaraan lomba mapel.
1.      Memperoleh juara lomba olahraga
2.      Memperoleh juara lomba pencak silat
6,50

6,50

6,50

98%
Harapan Kab.
Harapan Kab.
1 Kab.

7,00

6,75

7,00

100%
3 Kab.

3 Kab.

3 Prop.
7,50

7,00

7,50

100%
2 Kab.

2 Kab.

2 Prop.
8,00

7,25

8,00

100%
1 Kab.

1 Kab.

1 Prop.
II
Standar isi (SI)
1.      Tersusunnya KTSP
2.      Tersusunnya Silabus semua mapel
3.      Tersusunnya RPP semua mapel pada kelas 7-8-9.
4.      Tersusunnya Silabus dan RPP muatan lokal (Bahasa Jawa)
100%
80%

80%

50%
100%
100%

100%

80%
100%
100%

100%

100%
100%
100%

100%

100%
III
Standar Proses (SP)
1.      Guru memiliki Silabus
2.      Guru memiliki RPP.
3.      Guru memiliki Bahan Ajar.
4.      Jumlah siswa setiap rombel
5.      Beban mengajar guru sekurang-kurangnya 24 dan maksimal 40
6.      Rasio jumlah buku dengan siswa
7.      Guru menerapkan CTL dalam pembelajaran.
8.      Guru menerapkan metode PAIKEM
9.      Penerapan belajar diluar kelas
10.  Pengembangan instumen penilaian hasil belajar.
11.  Variasi model penilaian.
12.  Pengolahan/ analisis hasil penilaian
13.  Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian
14.  Kegiatan supervisi KBM.
15.  Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran
80%
80%
80%

40siswa

80%


3:1

25%

50%

50%

70%

3 mode
1 jenis manual
1 manfaat
80%
70%
100%
100%
100%

40siswa

100%


1:1

50%

100%

75%

100%

4 model
1 jenis elektrik
2 manfaat
100%
100%
100%
100%
100%

40siswa

100%


1:1

75%

100%

100%

100%

5 model
1 jenis elektrik
3 manfaat
100%
100%
100%
100%
100%

37siswa

100%


1:1

100%

100%

100%

100%

5 model
1 jenis elektrik
3 manfaat
100%
100%
IV
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.    Kepala Sekolah mengikuti pelatihan TOEFL <400
2.    Kepala Sekolah mengikuti pelatihan TIK
3.    Kepala Sekolah mengikuti pelatihan kewirausahaan
4.    Guru mengikuti CTL
5.    Guru mengikuti pembelajaran tuntas.
6.    Guru mengikuti penilaian dan evaluasi pembelajaran
7.    Guru mengikuti pelatihan bahasa Inggris
8.    Guru mengikuti pelatihan TIK
9.    Guru mengikuti pelatihan KTSP
10.      Guru mengikuti penelitian pendidikan
11.      Guru mengikuti pelatihan metode pembelajaran PAIKEM
12.      Tenaga TU, Laboran, Pustakawan rata-rata telah:
a.   Pelatihan Bahasa Inggris
b.   Pelatihan TIK
c.   Pelatihan Managemen
<400

1 kali

1 kali

50%
50%

50%

50%

50%

50%

50%

75%





50%

50%
50%
>400

2 kali

1 kali

75%
100%

100%

100%

75%

100%

100%

100%





75%

75%
75%
>400

3 kali

2 kali

100%
100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%





100%

100%
100%
>400

4 kali

2 kali

100%
100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%





100%

100%
100%
V.
STANDAR SARPRA
1.          Terpenuhinya Ruang Multimedia
2.          Terpenuhinya Ruang Kelas yang sehat dan memadai (Rehab 7 ruang)
3.          Terwujutnya pos satpam.
4.          Terpenuhinya meja dan kursi siswa diLab. IPA
5.          Terpenuhinya Komputer siswa dengan rasio 1:1
6.          Terpenuhinya TV dan VCD di masing-masing kelas.
7.          Terpenuhinya Alat-alat olah raga
8.          Terpenuhinya Komputer, Lap top dan LCD guru.
9.          Terpenuhinya Komputer TU 2 buah
10.      Terpenuhinya Komputer R. Perpustakaan 1 buah
11.      Terpenuhinya Komputer Lab. IPA 1 buah
12.      Terpenuhinya alat Lab. IPA
13.      Terpenuhinya jaringan Internet sekolah.
14.      Terpenuhinya CD pembelajaran.
15.      Terpenuhinya RKB.
16.      Terpenuhinya Tambahan Lahan Sekolah
50%

-



-
75%

50%

10%


100%

50%

-

-

-

-

50%

50%

9 lokal
-
100%

50%



100%
100%

75%

75%


100%

75%

100%

100%

100%

100%

75%

75%

12 lokal
50%
100%

100%



100%
100%

100%

100%


100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

15 lokal
75%
100%

-



-
100%

100%

100%


100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

15 lokal
100%
VI.
Standar Pengelolaan.
1.          Memiliki Dokumen Tata Tertip siswa-guru-TU
2.          Memiliki Dokumen PSB.
3.          Memiliki Dokumen RPS (Rencana Pengembangan Sekolah)
4.          Memiliki Dokumen RAPBS.
5.          Memiliki Dokumen Kode etik guru
6.          Memiliki Dokumen Penugasan guru
7.          Memiliki Dokumen Pembinaan siswa
8.          Memiliki Dokumen Kesiswaan
9.          Memiliki Dokumen Pembagian Tugas mengajar dan tambahan guru/ TU.
10.      Memiliki Dokumen Hasil belajar siswa.
11.      Memiliki Dokumen SK. Kepala Sekolah
12.      Memiliki Dokumen Instrumen Sekolah
13.      Memiliki Dokumen Supervisi KBM.
14.      Memiliki Dokumen Klinis guru
15.      Memiliki Dokumen Supervisi Lab. IPA, Lab. Komputer, Perpustakaan
16.      Memiliki Dokumen supervisi Administrasi dan keuangan bendahara-bendahara
17.      Memiliki Dokumen susunan Pengurus Komite.
18.      Memiliki Dokumen program kerja Komite.
19.      Memiliki Dokumen kerja sama dengan kemitraan
100%

100%
100%


100%

100%

100%

100%

100%

100%



100%

100%

100%

100%

100%

100%


100%



100%


100%

100%

100%

100%
100%


100%

100%

100%

100%

100%

100%



100%

100%

100%

100%

100%

100%


100%



100%


100%

100%

100%

100%
100%


100%

100%

100%

100%

100%

100%



100%

100%

100%

100%

100%

100%


100%



100%


100%

100%

100%

100%
100%


100%

100%

100%

100%

100%

100%



100%

100%

100%

100%

100%

100%


100%



100%


100%

100%

VII.
Standar Keuangan dan Pembiayaan
1.        Sumber Dana
2.        Pengalokasian Dana
3.        Penggunaan Dana
4.        Pelaporan Penggunaan Dana
5.        Mendokumentasikan Pelaporan penggunaan Dana
2 buah
4 SNP
100%
100%

100%


3 buah
6 SNP
100%
100%

100%

4 buah
8 SNP
100%
100%

100%

4 buah
8 SNP
100%
100%

100%

VIII.
Standar Penilaian Pendidikan
1.      Frekwensi ulangan harian
2.      Terlaksananya ulangan tengah semester
3.      Terlaksananya ulangan akhir semester
4.      Target materi pembelajaran terpenuhi setiap semester
5.        Ada teknik-teknik penilaian yang dipergunakan  guru dalam pembelajaran.
6.        Ada instrumen penilaian yang dikembangkan guru
7.        Ada variasi instrumen yang dikembangkan disekolah untuk ulangan akhir semester, kenaikan kelas.
50%
100%

100%

100%


100%



100%

100%


75%
100%

100%

100%


100%



100%

100%


100%
100%

100%

100%


100%



100%

100%


100%
100%

100%

100%


100%



100%

100%


IX.
Pengembangan Budaya dan lingkingan Sekolah
  1. Pengembangan Budaya bersih
  2. Penciptaan lingkungan sehat, indah, rindang, sejuk, nyaman.
  3. Penciptaan Budaya Tata krama.
  4. Pengembangan Lomba-lomba kebersihan tiap tahun.
75%

50%



50%

1 kali
100%

75%



75%

2 kal
100%

100%



100%

3 kali
100%

100%



100%

3 kali

No comments:

Post a Comment