Cara Membuat Rencana Biaya Sekolah adalah sebagai berikut :
1.
Mendapat
dan menghitung Biaya Satuan
2.
Menghitung
Rencana Biaya
Mendapatkan dan Menghitung Biaya
Satuan
Biaya satuan dapat dihitung dengan cara :
1.
Menentukan
jenis satuan dan jumlah satuan standar
2.
Menghitung
biaya atau harga satuan
|
Contoh Daftar Biaya Satuan
Program Kegiatan
|
Satuan
|
Satuan Harga
|
Jumlah
|
|
Unit
|
Jumlah
|
|||
Program : Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
||||
Kegiatan : Pelatihan PAKEM bagi 6 guru Bahasa Indonesia
|
||||
1.
Biaya fotocopy bahan
|
Exemplar
|
6
|
5.000
|
30.000
|
2.
Biaya transport (PP)
|
Orang
|
6
|
5.000
|
30.000
|
Total biaya
|
60.000
|
|||
Biaya Satuan
|
10.000/orang/hari
|
Menghitung Rencana Biaya
Ø Rencana
Biaya adalah Rencana Kebutuhan Dana yang diperlukan untuk pelaksanaan program
dan kegiatan yang dirumuskan serta biaya operasionalnya.
Ø Kebutuhan
dana ini dihitung tahunan untuk empat tahun ke depan
Ø Menghitung
biaya program, yaitu mengalikan jumlah satuan dengan harga satuan. Setelah itu,
tambahkan untuk mendapatkan total rencana biaya yang dibutuhkan selama empat
tahun mendatang.
Contoh Rencana Biaya
Program/Kegiatan
|
Satuan
|
Jumlah
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
||||||
Jenis
|
Harga
|
Jumlah Satuan
|
Jumlah Biaya
|
Jumlah Satuan
|
Jumlah Biaya
|
Jumlah Satuan
|
Jumlah Biaya
|
Jumlah Satuan
|
Jumlah Biaya
|
Jumlah Satuan
|
Jumlah Biaya
|
|
I.
Pengembangan
Kompetensi Lulusan
|
||||||||||||
II.
Pengembangan Kurikulum/KTSP
|
||||||||||||
III.
Pengembangan
Pembelajaran
|
.
|
|||||||||||
IV.
Pengembangan
SIstem Penilaian
|
||||||||||||
V.
Pengembangan
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
|
||||||||||||
5.1Kegiatan Pelatihan PAKEM bagi 6 guru
Bahasa Indonesia
|
OH (Orang Hari)
|
10.000
|
12
|
199.600
|
6
|
60.000
|
6
|
66.000
|
6
|
73.600
|
||
VI.
Pengembangan
Sarana dan Pra-sarana Sekolah/Madrasah
|
||||||||||||
VII.
Pembinaan
Kesiswaan/Ekstra Kulikuler
|
||||||||||||
VIII.
Budaya
dan Lingkungan Sekolah/Madrasah
|
||||||||||||
IX.
Penanaman
Karakter (Budi Pekerti)
|
Membuat Rencana Pendanaan Sekolah
Rencana
Pendanaan adalah rencana sumber pendapatan sekolah/madrasah yang sesuai dengan
kebutuhan dan urutan tingkat kepastian perolehan dana.
Berasal dari seluruh sumber
pendapatan yang diterima oleh sekolah/madrasah.
Contoh:
1.
Uang
pendaftaran
2.
Dana
pengembangan
3.
Uang
sekolah (SPP)
4.
Uang
kegiatan sekolah (UKS)
5.
Uang
infak siswa (UIS)
6.
Uang
infak karyawan dan guru (UIG&K)
7.
Uang
hasil unit usaha sekolah
8.
Uang
bantuan swasta
9.
Uang
bantuan pemberintah dll
Contoh Rencana Pendapatan Sekolah
No
|
Sumber Pendapatan
|
2011/2015
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|
(Rp.000)
|
(Rp.000)
|
(Rp.000)
|
(Rp.000)
|
(Rp.000)
|
|||
1
|
Pemerintah
|
||||||
1.1
|
BOS
|
304.396
|
76.224
|
76.224
|
76.224
|
76.224
|
|
1.2
|
Dana Alokasi Khusus
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
1.3
|
APBD Provinsi
|
23.040
|
5.760
|
5.760
|
5.760
|
5.760
|
|
1.4
|
APBD Kab/Kota
|
3.840
|
960
|
960
|
960
|
960
|
|
2
|
Masyarakat
|
||||||
2.1
|
800
|
200
|
200
|
200
|
200
|
||
2.2
|
600
|
150
|
150
|
150
|
150
|
||
3
|
Pendapatan Asli
Madrasah / Sekolah
|
||||||
3.1
|
900
|
225
|
225
|
225
|
225
|
||
3.2
|
|||||||
TOTAL
|
333.576
|
83.519
|
83.519
|
83.519
|
83.519
|
Menyesuaikan Rencana Biaya dengan
Sumber Pendanaan
1.
Memahami
asumsi/tingkat kepastian perolehan dana sekolah/madrasah:
-
Sumber
pendanaan yang telah bersifat pasti(BOS,APBD Propinsi dan Kab/Kota)
-
Sumber
pendanaan yang bersifat belum pasti (sumbangan, donator,hibah, usaha
sekolah/madrasah,dll)
2.
Memperkirakan
persentase kontribusi setiap sumber pendanaan terhadap total pendanaan pada
priode tahun perencanaan.
3.
Mempelajari
aturan penggunaan berdasarkan sumber pendanaan.
Dana BOS telah mengatur secara tertulis apa yang boleh dan tidak boleh
dalam penggunaan anggaran, demikian pula sumber pendanaan lainnya.
4.
Lakukan
penyesuaian rencana pengeluaran terhadap sumber pendanaan
Contoh Rencana Biaya dan Sumber Pendapatan
Program/Kegiatan
|
Total
Biaya
(Rp.000)
|
Sumber Pendanaan
|
||||||
Pemerintah
|
Masyarakat
|
PAS
|
||||||
BOS
|
DAK
|
APBD
Prov
|
APBD
Kab/Kota
|
Masy.
|
Alumni
|
Kantin
|
||
I.
Pengembangan Kompetensi Lulusan
|
||||||||
1.1
Dst…….
|
||||||||
II.
Pengembangan Kurikulum/KTSP
|
||||||||
2.2
Dst…….
|
||||||||
III.
Pengembangan
Pembelajaran
|
.
|
|||||||
IV.
Pengembangan
SIstem Penilaian
|
||||||||
V.
Pengembangan
Kompetensi Lulusan
|
||||||||
1.Kegiatan :Pelatihan PAKEM bagi 6
guru Bahasa Indonesia
|
199,6
|
199,6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
VI.
Pengembangan
Sarana dan Pra-sarana Sekolah/Madrasah
|
||||||||
VII.
Pembinaan
Kesiswaan/Ekstra Kulikuler
|
||||||||
VIII.
Budaya
dan Lingkungan Sekolah/Madrasah
|
||||||||
IX.
Penanaman
Karakter (Budi Pekerti)
|
AKUNTANSI
·
Definisi
:
ü
Suatu seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengihtisaran dengan cara
tertentu, yang dinyatakan dalam uang, transaksi, dan pristiwa, paling tidak mengenai
karakter keuangan dan penafsiran hasilnya.
ü
Proses identifikasi, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi ekonomi,
yang memungkinkan penilaian dan pengambilan keputusan yang berharga oleh
pengguna informasi
PENGGUNA INFORMASI KEUANGAN
·
Pihak Internal
-
Manajemen
-
Karyawan
·
Pihak Eksternal
-
Pemilik
-
Kreditur
-
Pemerintah
-
Masyarakat
Kegunaan Laporan Keuangan
·
Menyediakan
informasi sebagai dasar pengambilan keputusan
·
Media
komunikasi manajemen dan pengguna eksternal
·
Memberikan
potret mengenai kemampuan organisasi
·
Bentuk
pertanggungjawaban
·
Menggambarkan
perkembangan organisasi dari periode ke periode berikutnya.
Sistem
Akuntansi
·
Basis
akuntansi yang digunakan accrual basis
·
System
akuntansi system pembukuan berpasangan (double entry bookkeeping)
Laporan
Aktivitas
a.
Membantu
para penyumbang, anggota organisasi, kreditor, dan fihak lainnya untuk:
b.
Mengevaluasi
kinerja dalam satu priode
c.
Menilai
upaya, kemampuan, dan kesinambungan organisasi dalam memberikan jasa
d.
Menilai
pelaksanaan tanggung jawab manajemen.
Pengendalian /Auditing
Definisi : Pemeriksaan laporan keuangan untuk menilai
kewajaran laporan keuangan suatu organisasi
No comments:
Post a Comment